FaktoR Yang MempenGarUHi ProSeS BeLajaR

Terdapat tiga hal persoalan yang fundamental dalam setiap kegiatan belajar. Kegiatan belajar adalah suatu yang terdirindari input,process, dan output. a.Input berupa subjek belajar,sasaran belajar, atau individu itu sendiri yang memiliki latar belakang bermacam-macam. b.Process didalam proses belajar terjadi interaksi timbal balik dari berbagai faktor yaitu: subjek belajar (peserta didik), pengajar atau fasilitator (guru, dosen, atau pembimbing), metode, alat bantu belajar mengajar (ABBM), dan materi atau bahan yang dipelajari. c.Output keluaran yang berupa hasil belajar yang terdiri kemampuan baru atau perubahan baru pada diri subjek belajar, dari tidak tahu menjadi tahu, dan tidak dapat menjadi dapat, dan dari tidak terampil menjadi terampil. Menurut notoatmodjo (1997) sesuai pendapat J.Guilbert bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar meliputi: a.Materi yang dipelajari: materi di sini adalah bahan pelajaran yang digunakan untuk membentuk sikap, memberikan keterampilan atau pengetahuan. b.Lingkungan: terdiri dari faktor fisik (suhu,cuaca, kondisi tempat belajar, ventilisasi, penerangan, dan kursi belajar) dan faktor social (manusia dengan segala interaksinya, status, dan kedudukannya). c.Instrumental: terdiri dari perangkat keras ( perlengkapan belajar dan alat bantu beljar menga jar) dan perangkat lunak (kurikulum, fasilitator dan metode belajar). d.Kondisi individu atau subjek belajar: terdiri dari kondisi fisiologis dan kondisi psikologis Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar juga dapat dikelompokkan menjadi: Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Internal (endogen) Faktor yang berasal dari dalam diri individu, terdiri dari: a.Faktor Fisiologis •Kematangan Fisik: fisik yang sudah matang atau siap untuk belajar akan mempermudah dan memperlancar proses belajar atau sebaliknya. •Keadaan indra: Keadaan indra yang sehat dan normal •Keadaan kesehatan: kondisi badan yang tidak sehat termasuk kecacatan ataupun kelemahan, misalnya; kurang gizi, sakit-sakitan, kurang vitamin. Gangguan bicara atau cacat badan. b.Faktor Psikologis •Motivasi: Belajar yang dilandasi motivasi yang kuat dan berasal dari dalam individu akan memperlancar proses belajar atau sebaliknya. •Emosi: Emosi yang stabil,terkendali dan tidak emosional akan mendukung proses belajar. •Sikap: Sikap negative terhadap mata pelajaran, fasilitator, kondisi fisik, dan dalam menerimah pelajaran. •Minat: Bahan pelajaran yang menarik minat akan mempermudah individu untuk mempelajarinya dengan sebaiknya •Bakat: Seseorang yang tidak berbakat pada bidang tertentu, apabila memasuki jurusan atau mengikuti pelajaran yang tidak sesuai dengan bakatnya akan menimbulkan hambatan dalam proses belajar. •Inteligensi: Diantara berbagai faktor yang dapat mempengaruhi belajar, faktor inteligensi sangat besar pengaruhnya dalam proses dan kemajuan belajar individu. •Kreativitas: Individu yang memiliki kreativitas ada usaha untuk memperbaiki kegagalan sehingga akan merasa aman bila menghadapi pelajaran. Faktor Eksternal (Eksogen) Faktor ini berasal dari luar diri individu terdiri dari: a.Faktor social yaitu faktor manusia lain yang berada diluar diri subjek yang sedang belajar. •Orang tua: Orang tua yang mampu mendidik dengan baik mampu berkomunukasi dengan baik. •Manusia yang hadir: Manusia yang hadir pada saat seseorang sedang belajar dapat menggangu proses belajar, misalnya: suasana rumah yang gaduh,suasana kelas yang berisik. •Bukan manusia yang hadir: dapat beruapa film, video, VCD, atau kaset yang di putar sehingga menggangu individu yang sedang belajar. b.Faktor nonsosial •Alat bantu belajar mengajar (ABBM) yang lengkap akan membantu proses belajar. •Metode menggajar yang membantu proses pembelajaran •Faktor udara,cuaca, waktu, tempat, sarana, dan prasarana, dapat mempengaruhi proses belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar