*KonSeP BELajaR*

1. Konsep Belajar Belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berkenan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, yang baik bersifat eksplisit maupun implisit (tersembunyi) untuk menangkapi isi dan pesan belajar maka dalam belajar tersebut individu menggunakan kemampuan ramah. a.Kognitif yaitu kemampuan yang berkenaan dengan pengetahuan, penalaran atau pikiran sendiri dari kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan analisis dan evaluasi b.Efektif yaitu kemampuan yang mengutamakan, perasaan, emosi, dan reaksi yang berbeda dengan penalaran yang terdiri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisai dan pembentukan pola hidup. c.Sikromatik yaitu kemampuan yang mengutamakan keterampilan jasmani terdiri dari persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing pola gerakan dan kreatiftas. Belajar menurut pandangan skinner: Belajar menurut pandangan B.F.Skiner 1958 adalah proses adaptasi atau penyesuain tingkah laku berlangsung secara progreset. Menurut skinner dalam belajar di tentukan hal-hal berikut: a. kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respon belajar b. respon si pelajar c. konsekwensi yang bersifat menggunakan respon tersebut baik konsekwensinya sebagai hadiah maupun teguran atau hukuman. 2.Teori Belajar Secara garis besar di geral ada tiga maupun besar teori belajar menurut pandangan psikologis yaitu teori disiplin mental, teoti behaklorisme dan teori cognitive: a. Teori disiplin mental Teori balajar ini di kembangkan tanpa disadari eksperimen, ini berarti dasar orientasinya adalah tilosofis. Atau speculative teori menganggap bahwa dalam belajar mental siswa disiplinkan atau dilatih. Teori yang berlawanan sekali dengan teori disiplin mental ialah teori perkembangan alanurah, menurut teori ini, anul itu akan berkembang secara alamiah. b. Teori Behaviorisme Teori ini mengutamakan unsure-unsur atau bagian-bagian kecil, bersifat mekanisme, menekankan peranan lingkungan, menentukan kepentingan latihan. c. Teori Cognitive Teori cognitive meneliti tentang peralatan dan poten solving, dari pengamatannya ia menyelesaiakan penggunaan metode menghafal disekolah, dan menghendaki agar belajar dengan pengertian bukan hafalan akademis. 3.Makna dan ciri belajar Menurut para ahli belajar dapat diartikan sebagai proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan mula belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Setiap perilaku belajar ditandai oleh cirri perubahan yang spesifik antara lain: belajar menyebabkan pada aspek-aspek kepribadian yang berfungsi terus menerus belajar hanya terjadi dari pengalaman yang bersifat individual, belajar merupakan kegiatan yang bertujuan kearah yang ingin dicapai, belajar menghasilkan perubahan yang menyeluruh. 4.Prinsip-Prinsip Belajar Ada berbagai prinsip belajar yang dikemukakan oleh para shli psikologi pendidikan terjadi dan diikuti dengan keadaan memuaskan maka hubungan itu diperkuat hubungan antara perangsang dan reaksi diperkuat dengan latihan dan penguasan 5.Syarat agar peserta didik berhasil belajar Agar peserta didik berhasil belajar diperlukan persyratan sebagai berikut: a. Kemampuan berpikir yang tinggi para siswa b. Menimbulkan minat yang tinggi terhadap mata pelajaran c. Bakat dan minat yang khusus d. Menguasai bahan bahan yang diperlukan untuk meneruskan pelajaran e. Menguasai salah atau bahasa asing f. Kehidupan ekonomi yang memadai g. Menguasai teknik belajar di sekolah dan diluar sekolah 6.Cara Belajar yang baik Cara belajar yang baik secara umum yaitu belajar secara efisien, mampu berbuat berbagai catatan, mampu membaca siap belajar, keterampilan belajar, memahami perbedaan belajar pada tingkatan sekolah seperti SD,SMA, dan SMU, dukungan orang tua yang paham akan perbedaan, status harga diri lebih kurang. Cara dan teknik mengatasi kesulitan belajar adalah menetapkan target belajar, menghindari saran dan kritik yang ngatif, menciptakan situasi belajar, menyelenggarakan remedial program, dan memberi kesempatan agar peserta didik memperoleh pengalaman yang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar